Buka jam 08.00 s/d jam 22.00 , Termasuk Hari Minggu/Raya

ebook laptop

Beranda » Artikel Terbaru » Software Komputer Dan Defenisinya

Software Komputer Dan Defenisinya

Diposting pada 14 April 2017 oleh qbonk

Software komputer adalah program yang memberitahu komputer apa yang harus dilakukan. Instruksi ini mungkin perintah internal, seperti memperbarui jam sistem, atau respons terhadap input eksternal yang diterima dari keyboard atau mouse. Meskipun ada banyak jenis software komputer yang dibuat baik dengan standar open source dan proprietary, pemrograman sebagian besar memiliki beberapa aturan dasar.

Software Komputer

Software Komputer

Perangkat Keras vs. Software komputer

Perbedaan mendasar antara perangkat keras dan perangkat lunak adalah yang pertama adalah nyata sedangkan yang kedua tidak. Perangkat keras adalah mesin itu sendiri dan melakukan semua pekerjaan fisik, sementara perangkat lunak menceritakan berbagai komponen perangkat keras apa yang harus dilakukan dan bagaimana berinteraksi satu sama lain. Ini memungkinkan komputer beradaptasi dengan tugas baru atau memasang perangkat keras baru. Sementara perangkat keras mencakup hal-hal seperti monitor, Central Processing Units (CPU), keyboard, dan mouse; Perangkat lunak mencakup hal-hal seperti program pengolah kata, sistem operasi, dan permainan.

Ada dua tipe utama software komputer: sistem dan aplikasi. Tipe pertama digunakan hanya untuk menjalankan perangkat keras, sedangkan yang kedua digunakan untuk melakukan hal-hal lain. Jenis utama dari perangkat lunak sistem adalah sistem operasi, seperti Windows ™ OS X, atau Linux; dan driver, yaitu program yang memungkinkan komputer berinteraksi dengan perangkat lain, seperti printer dan kartu video. Ada berbagai jenis perangkat lunak aplikasi, termasuk permainan, pemutar media, pengolah kata, program anti-virus, dan aplikasi untuk membuat program baru.

Bagaimana software komputer bekerja

Hardware hanya memahami dua konsep dasar, on dan off, yang diwakili angka 1 dan 0 dalam bahasa biner. Perangkat lunak bertindak sebagai penerjemah antara bahasa manusia dan biner, yang memungkinkan perangkat keras memahami instruksi yang dimasukkan ke dalamnya. Pemrogram menulis perintah yang disebut kode sumber dalam bahasa pemrograman yang serupa dengan apa yang mungkin digunakan seseorang dalam pidato sehari-hari. Program lain yang disebut compiler kemudian digunakan untuk mengubah kode perintah menjadi biner. Hasilnya adalah program komputer yang bisa dieksekusi.

Open Source vs. Proprietary

Pemrogram membuat software komputer open source atau proprietary. Tipe pertama bisa diedit dan diadaptasi oleh pengguna, sedangkan yang kedua terlindungi dan tidak dimaksudkan untuk diedit oleh orang-orang di luar perusahaan yang menjualnya. Sementara program open source biasanya gratis, lisensi proprietary dilisensikan ke distributor dan harus dibayar.
Kedua jenis ini umumnya memiliki kualitas pemrograman yang sebanding, namun perbaikan pada bug umumnya lebih cepat untuk produk open source daripada yang proprietary. Selain itu, beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan aplikasi open source karena mereka dapat merasakan kepemilikan pada proyek atau merasa bahwa perusahaan perangkat lunak komputer menciptakan monopoli dan menginginkan alternatif. Lainnya lebih memilih program closed source karena terkadang lebih stabil atau kurang rentan terhadap hacker datang dengan layanan pelanggan dari perusahaan.

Save

Bagikan informasi tentang Software Komputer Dan Defenisinya kepada teman atau kerabat Anda.

Software Komputer Dan Defenisinya | Qbonk Media

Komentar dinonaktifkan: Software Komputer Dan Defenisinya

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan